Ditawari Kasad Masuk TNI, Begini Nasib Ririn Efendi Perancang Senapan Jarak Jauh

Ditawari Kasad Masuk TNI, Begini Nasib Ririn Efendi Perancang Senapan Jarak Jauh
Setelah bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa pada Kamis, (29/8/2019) lalu. Ririn Efendi seorang mahasiswa perancang perangkat pengendali senapan dari jarak jauh, menerima tawaran dari Jenderal Andika untuk bergabung bersama TNI AD.
Kini, setelah selesai menjalani pendidikan selama kurang lebih tiga bulan, Ririn Efendi telah resmi dilantik dan menjadi prajurit di Kodam Iskandar Muda. Berikut informasi selengkapnya dilansir dari Youtube TNI AD:1 dari 7 halaman

Ciptakan Senjata

Ririn Efendi merupakan mahasiswa dari Politeknik Negeri Lhokseumawe Aceh yang sukses membuat sebuah perangkat pengendali senapan jarak jauh berbasis microcontroller. Berawal dari hobinya berburu, perangkat ini ia ciptakan saat dirinya menjalani tugas akhir skripsi.
Youtube/TNI AD 2020 Merdeka.com
Perangkat ciptaan Efendi ini menggunakan bantuan Android untuk memonitor sasaran tembak. Yang membuat unik, Efendi menggunakan joystick Playstation sebagai komponen untuk mengendalikan senapan. Kemudian dimodifikasi menggunakan android untuk monitor yang sudah diintegrasikan menggunakan teleskop senapan.
Pengguna cukup menggunakan joystick untuk mengendalikan senapan. Cukup dengan memegang pengendali joystick wireless, sebagai transmiter dan perangkat Android untuk monitoring sasaran yang diinginkan.2 dari 7 halaman

Ditawari Kasad Masuk TNI

Setelah perangkat ciptaannya diuji coba di Direktorat Peralatan Angkatan Darat, Ririn berkesempatan untuk bertemu dengan Jenderal Andika. Dalam pertemuan tersebut, Jenderal Andika langsung memberi tawaran kepada Ririn untuk masuk dan ikut bergabung bersama TNI AD.
Youtube/TNI AD2020 Merdeka.com
“Apa ingin jadi tentara, benar mau masuk?. Jadi habis saya pulang ini langsung mendaftar ya”, kata Jenderal Andika dikutip dari Youtube TNI AD.
Pada kesempatan tersebut, Ririn Efendi mengatakan bersedia untuk mendaftar dan menjalani pendidikan untuk bergabung menjadi prajurit TNI AD.3 dari 7 halaman

Jalani Pendidikan

Pada awal pendidikan dimulai, komandan yang melatih Ririn Efendi mengatakan jika di awal masuk kemampuan Ririn bisa dibilang sangat rendah. Untuk itu, ia perlu berlatih secara bersungguh-sungguh.
“Dari segi kemampuan sangat rendah, sangat rendah ini dilihat dari kemampuan fisiknya. Jadi dia harus serius dalam setiap pelaksanaan kegiatan,” kata Komandan Secaba Rindam Iskandar Muda, Letkol Inf. Winas Kurniawan.
Youtube/TNI AD 2020 Merdeka.com
Letkol Winas lalu mengatakan, bahwa selama pendidikan ia selalu memberikan motivasi kepada Ririn untuk terus semangat meningkatkan kemampuannya.
“Saya sampaikan ke yang bersangkutan, bahwa dia harus menunjukkan semangat yang tinggi dan kemampuan dan keahliannya harus diisi dengan baik, sehingga ia harus serius dalam setiap kegiatan maupun latihan,” tambahnya.4 dari 7 halaman

Berat Badan Turun 12 Kilogram

Youtube/TNI AD 2020 Merdeka.com
Saat pertama kali masuk menjadi siswa secaba, Ririn Efendi harus berjuang untuk menurunkan berat badannya.
“Selama di pendidikan ini saya sangat senang dan bangga. Saya dapat menurunkan berat badan saya yang dulu 70 kilogram sekarang menjadi 58 kilogram,” kata Ririn.5 dari 7 halaman

Perkembangan Ririn Efendi

Youtube/TNI AD 2020 Merdeka.com
Setelah menjalani latihan serius selama beberapa bulan, Ririn Efendi dikatakan memiliki kemampuan yang meningkat pesat. Letkol Winas menambahkan, jika Ririn benar-benar menunjukkan dan membuktikan hasil kerja kerasnya.
“Pada bulan Januari 2020, siswa Ririn sudah bisa mencapai hasil lari peningkatan yang sangat pesat,” ungkap Letkol Winas.
Tak hanya peningkatan di bidang latihan fisik saja, Letkol Winas juga mengatakan Ririn mengalami peningkatan di kemampuan yang lain seperti akademis, nilai menembak, maupun untuk materi lainnya.6 dari 7 halaman

Sudah Dilantik Menjadi Prajurit TNI AD

Youtube/TNI AD 2020 Merdeka.com
Setelah menjalani pendidikan selama kurang lebih tiga bulan, Ririn Efendi telah dilantik dan resmi bergabung menjadi prajurit di TNI Angkatan Darat.
“Tepat pada tanggal 22 Februari 2020, saya dilantik menjadi seorang sersan. Disini perasaan saya sangat bangga, gembira dan senang karena bisa menjadi prajurit TNI serta bisa mengabdi kepada Nusa Bangsa dan Negara,” kata Ririn Efendi.
Sumber: Merdeka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel