KKB Papua Serang Markas TNI, Sertu La Ongge Gugur Kena Tembak di Bagian Kepala

Sertu La Ongge - Istimewa
Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua menembaki Koramil Jila, Mimika, Papua, Senin (9/3/2020) dini hari.
Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII Cenderawasih Kolonel Eko Daryanto menuturkan penembakan terjadi sekitar pukul 05.00 WIT itu membuat satu anggota TNI terluka.
“Memang benar ada penembakan terhadap Koramil Jila hingga mengakibatkan satu anggota TNI terluka,” kata Kol Cpl Eko, di Jayapura seperti dilansir Antara, Senin.Eko tak memerinci kronologi penembakan itu. Ia masih menunggu informasi terkait insiden penembakan dan identitas korban.
Berdasarkan informasi yang dihimpun, anggota TNI yang terluka bernama Sertu La Ongge. Sertu La Ongge mengalami luka tembak di telinga dan masih berada di Jila.
Namu sesaat kemudian, setelah Sertu La Ongge dievakuasi dia langsung meninggal dunia akibat luka tembak yang dideritanya, yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).
“Memang benar anggota Koramil Jila yang tertembak saat KKB meninggal, dan jenazahnya masih berada di
RSUD Timika,” kata Kapendam XVII Cenderawasih Kol Cpl Eko Daryanto, Senin.
Kol Cpl Eko menyatakan, dari laporan yang diterima korban sempat dievakuasi dengan menggunakan
helikopter milik TNI-AD.
Korban Sertu La Ongge mengalami luka di bagian telinganya. Saat ini personel TNI masih melakukan pengejaran terhadap KKB yang menyerang Koramil Jila sekitar pukul 05.00 WIT, kata Kol Cpl Eko.
Koramil Jila masuk dalam wilayah Kodim Mimika.
Laporan lapangan atas meninggalnya anggota TNI ini viral di berbagai grup WhatsUp dan beberapa grup social media lainnya.
Berikut informasi lengkap yang viral
“Assalamualaikum… Turut berduka cita ats meninggalx leting kita Sertu La Ongge anggota kodim 1711/Mimika td pagi Pkl 05.00 WIB kontak Tembak d pos yonif 754 dan pos Ramil d Jila papua..
Perihal : Kontak Tembak antara KKSB dengan Pos Yonif 754 dan Pos Koramil Jila
I. Fakta-Fakta
1. Pada hari Senin tanggal 09 Maret 2020 sekitar pukul 05.10 WIT bertempat di Distrik Jila Kab. Mimika, telah terjadi kontak tembak yang dilakukan oleh kelompok KKSB terhadap Anggota TNI di Pos Jila dari arah ketinggian belakang Pos Pamrahwan Yonif 754/ENK dan Pos Ramil Kodim 1710/Mimika
2. Kronologis kejadian sbb :
a. Sekitar Pukul 05.00 WIT sesuai protap, personel pos Jila Yonif 754/ENK akan melaksanakan persiapan siaga fajar di kedudukan Box stelling tiba – tiba terdengar suara tembakan dari arah ketinggian belakang pos sebanyak 5 kali tembakan.
b. Setelah mendengar suara tembakan, anggota Pos Yonif 754 Dpp Danpos, Letda Inf Aziz masuk kedudukan boxteling dan membalas tembakan ke arah ketinggian belakang Pos Yon 754 dan Pos Ramil Jila, kemudian sumber tembakan, akan tetapi balasan tembakan dari KKSB ada dari arah depan dan samping kanan Pos Yonif 754/ENK dan Anggota Pos membalas tembakan tsb.
c . Pada Pukul 05.45 Wit Kontak tembak berhenti, seteleh itu 3 orang anggota pos ramil lari menuju Pos 754 dengan membawa Sertu La Ongge yang mengalami luka dibagian pelipis kanan dan tembus telinga kiri, yang dibantu oleh Masyarakat Jila.yang diperkirakan terkena tembakan pada saat penyerangan kelompok KKSB dari arah kanan pos Ramil kodim 1710/Mimika
d. Personil takes Pos Jila Yonif 754/ENK kemudian melakukan pertolongan pertama kepada Sertu La Ongge, dengan memasang infus dan perban untuk menghentikan pendarahan terhadap sertu La Ongge
e. Pada pukul 05. 49 WIT Letda Inf Asis menghubungi Pasi Ops Yonif 754/ENK a.n Lettu Inf Andra untuk melaporkan perihal Kontak Tembak antara pos Jila dengan pok KKSB ,kemudian pasi Ops memerintahkan agar stanbay dan tetap waspada, sambil menunggu tim evakuasi dan perbantuan dari Timika
F. Pada pukul 05.55 WIT Lettu Inf Andra melaporkan perihal tersebut kepada Danyonif 754/ENK.
Catatan.
A. Saat ini Sertu La ongge anggota Pos Ramil Jila sudah mendapat penanganan pertama oleh Takes Pos Yonif 754/ENK, Sambil menunggu Tim Evakuasi dari Timika
B. Personel Pos Yonif 754/ENK melaksanakan siaga dan stanbay di pos mengantisipasi serangan susulan,
C. Masyarakat Distrik Jila saat ini merapat ke Pos 754/ENK dan berlindung di Pos 754/ENK”.
Sumber: TribunMedan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel