Siaga Penanganan Pasien Corona, Kodam I Bukit Barisan Dirikan Tenda Isolasi

Siaga Penanganan Pasien Corona, Kodam I Bukit Barisan Dirikan Tenda Isolasi
Kodam I Bukit Barisan turut siaga mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). Delapan posko isolasi didirikan di wilayah yang kerjanya, yakni Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau dan Sumatera Barat.
Khusus di Kota Medan, posko isolasi disiapkan di RS Putri Hijau, Jalan Putri Hijau. Sejumlah tenda isolasi didirikan di halaman rumah sakit. Masing-masing tenda diisi 10 tempat tidur.
Sejumlah peralatan pun disiapkan di posko itu. Pakaian khusus untuk petugas medis juga sudah disediakan.
"Ini adalah kesiapsiagaan kita untuk menghadapi pandemi global corona. Karena WHO sudah menetapkan ini pandemi," kata Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) I/BB Brigjen Didied Pramudito, Senin (16/3).
Didied berharap tidak ada kasus corona di Sumut. Namun, jika hal tidak diinginkan terjadi, posko isolasi di RS Putri Hijau akan membantu RSUP H Adam Malik dalam penanganan pasien Covid19. "Apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan, kita siap membantu," sebut Didied.
tenda isolasi pasien corona di medan
Sementara Kepala RS Putri Hijau Letkol Ckm M Irsan Basyroel mengatakan, selain mendirikan tenda-tenda, pihaknya juga sudah menyiagakan ruang isolasi dengan 20 tempat tidur di dalam rumah sakit. Tenaga medis pun sudah disiagakan, terdiri dari dokter paru-paru hingga penyakit dalam.
"Posko ini mungkin akan dibuat selama satu bulan ke depan. Nanti setelah itu masih menunggu perintah komando atas. Kalau ada kejadian luar biasa, kami akan kirimkan ke Adam Malik, tapi kalau Adam Malik penuh, kami juga akan siap sedia," pungkasnya. [bal]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel