Tentara Inggris Terkagum-kagum pada Latihan Brutal Prajurit TNI, Sampai Bilang 'Gila'

Tentara Inggris Terkagum-kagum pada Latihan Brutal Prajurit TNI, Sampai Bilang 'Gila'
Berdasarkan data dari Global Fire Power (GFP) 2019, militer Indonesia atau TNI, berhasil menduduki peringkat ke-16 dari 137 negara. Rating yang diberikan kepada TNI 0.2804.
Kemampuan TNI memang sudah tak diragukan lagi, selain difungsikan untuk menjaga keutuhan Republik Indonesia, TNI juga punya peran dalam menangani konflik-konflik Internasional membawa nama baik Indonesia.
Terkadang, militer dari berbagai negara ini juga mengadakan latihan bersama. Latihan keras TNI, khususnya Komando Pasukan Khusus (Kopassus) sangat dikenal. Dari ketahanan di berbagai kondisi dan bagaimana mengatasi tembakan bertubi-tubi.
Lewat channel Youtube-nya, seorang tentara Inggris memberikan reaksinya saat melihat video latihan dopper Kopassus TNI. Berikut reaksinya sampai sebut latihan TNI sangat cepat dan tangkas.

Latihan Prajurit TNI

Dalam video yang diunggah seorang tentara Inggris, Craig Hollman, 24 November 2019 lalu ini, menunjukkan video singkat latihan Kopassus TNI di tanah berlumpur.
video latihan tni
2020 Merdeka.com/ Youtube Craig Hollman
Ada lima tentara berseragam lengkap dengan senjata dan rompi anti peluru. Kelimanya berjalan mengendap dan kemudian merayap di tanah berlumpur.
"Ini seperti latihan kemampuan patroli," komentar Craig begitu video latihan Kopassus TNI dimulai. Tentara Inggris ini mulai terlihat terkejut ketika ada suara tembakan bertubi-tubi yang menyerang TNI.

Merayap Sambil Ditembakki

Begitu mendengar suara tembakan, lima prajurit di video yang direaksi Craig tersebut langsung merayap di tanah penuh lumpur. Tembakan bertubi-tubi menghujani tanah basah itu sampai membuat percikan lumpur menghalangi pandangan para tentara.
video latihan tni
2020 Merdeka.com/ Youtube Craig Hollman
"Ya, kita bisa lihat cipratan berasap dalam latihan ini. Ini gila," komentar Craig melihat latihan merayap sambil ditembakki, atau dopper ini.

Tentara Inggris ini juga menggambarkan bagaimana model latihan TNI ini sambil terkagum-kagum. Tepat satu meter di depan para prajurit TNI ini, dijatuhkan tembakan bertubi-tubi.

Tentara Inggris Tonton Latihan TNI

Video berdurasi hampir enam menit ini menunjukkan bagaimana reaksi Craig sebagai tentara Inggris saat melihat model dopper, atau latihan Kopassus TNI.
video latihan tni
2020 Merdeka.com/ Youtube Craig Hollman
Craig Hollman, tak henti-hentinya terkagum dengan model latihan ini. Ia bahkan berulang kali menyebut model latihan ini cukup gila. Sambil memberikan reaksinya, Craig juga menjelaskan bagaimana perbedaan latihannya di Kemiliteran Inggris dengan latihan militer yang sedang ia tonton itu.

"Ya ini bisa aku sebut (prajurit) bagian dari Special Force (Pasukan Khusus) Indonesia," ucap Craig.

Reaksi Tentara Inggris

Tembakan bertubi-tubi terus datang dari arah belakang lima prajurit yang merayap di tanah berlumpur. Terlihat ada beberapa penembak jitu yang bergerak cepat mengarahkan tembakan ke tanah.
video latihan tni
2020 Merdeka.com/ Youtube Craig Hollman
Kecepatan dan ketangkasan para penembak dopper TNI berhasil membuat tentara Inggris ini kagum berulang kali. Ia bahkan menyebutkan, penembak TNI bahkan tidak memerlukan optical sight.

"Ini benar-benar cepat dan gila... Lihat bagaimana mereka begitu cepat," komentar Craig Hollman.
5 dari 5 halaman

Komentar Tentara Inggris

Sambil terus memberikan komentar kekagumannya, lima prajurit yang sedang latihan di tanah berlumpur tadi sudah merayap maju. Dalam lima menit video tersebut, suara tembakan tak pernah berhenti sekalipun.
video latihan tni
2020 Merdeka.com/ Youtube Craig Hollman
Selesai melihat video latihan Kopassus TNI, Craig memberikan komentarnya sebagai sesama tentara.

"Sebenarnya tidak terlalu mengejutkan, tapi itu gila. Bisa kalian bayangkan itu (dilakukan) di UK?" Craig terheran dengan model latihan dopper yang dilakukan TNI.

"Sangat menyenangkan bisa melihat bagaimana perbedaan latihan tentara-tentara lain," tutup Craig di akhir videonya.
merdeka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel