Wamenhan: Su-35 Belum Dibatalkan, F-35 Juga Siap Kita Beli

Pemerintah Indonesia akhirnya membuka suara terhadap berita dari Bloomberg yang menyatakan bahwa pembelian Su-35 akan dibatalkan. Dilansir oleh CNN Indonesia (18/03/2020) Wamenhan RI Wahyu Sakti Trenggono memastikan bahwa pihaknya belum membatalkan pembelian 11 jet tempur Su 35 asal Rusia.
“kami tidak pernah membatalkan pembelian Su 35” Ungkap Wamenhan.
Wamenhan juga mengakui dalam proses pembelian Su-35 menghadapi beberapa kendala sehingga rencana pembelian tersebut mandeg. Sayangnya Wamenhan tidak mengutarakan apa masalah yang meliputi pembelian Su 35 tersebut.
Di sisi lain, Trenggono mengatakan pihaknya sedang mempertimbangkan pilihan lain. Ia mengatakan sedang membuka peluang untuk mengganti pengadaan dengan pesawat jet F-35 dari Amerika Serikat.
“Sedang menjajaki untuk mengganti pengadaan ke F-35 dari US,” ujarnya.
Tentang tawaran F35, ini bukan hal yang baru karena pada tahun 2006 ketika dibawah Menhan Juwono Sudarsono pihak Indonesia juga pernah ditawari untuk mendapatkan Joint Strike Fighter (JSF) yang merupakan nama resmi F35 dengan syarat harus membeli dahulu jet tempur tercanggih AS saat itu yaitu F16 Block 52.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel