Indonesia Bangga Punya CN-235 Gunship, Si Pembantai Pasukan Darat

CN 235 Indonesia
Indonesia harus bangga memiliki CN-235 Gunship. Karena, pesawat yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia (PT DI) ini diperkuat oleh kanon tunggal DEFA 553 kaliber 30mm. Si pembantai pasukan darat ini oleh PT DI menjadi andalan di ajang Pameran Dirgantara Singapura atau Singapore Airshow 2020 pada 11 hingga 16 Februari mendatang.
Berdasarkan data yang diolah VIVA, Kamis, 13 Februari 2020, kanon tunggal DEFA 553 kaliber 30mm tersebut mampu memuntahkan proyektil dengan kecepatan 810 meter per detik. Sementara kecepatan tembaknya mencapai 1.200 amunisi per menit, di mana sangat ideal untuk menggasak sasaran di udara dan darat.
Letaknya pun cukup strategis karena berada di area pintu bagian belakang (sebelah kiri bodi pesawat) dengan kaca gelembung (bubble window) untuk keperluan dukungan tembakan bagi pasukan darat, pengawasan laut dan Combat SAR, maupun patroli garis perbatasan.
Pesawat CN-235 Gunship juga dilenglapi perangkat FLIR (Forward Looking Infrared) pada bagian bawah hidung, termasuk radar intai permukaan dengan belly dome di bawah fuselage.
Untuk kepentingan komersial, pesawat CN-235 Gunship menyasar negara-negara yang menjadi pangsa pasar potensial, seperti Filipina, Pakistan, Uni Emirat Arab, Qatar dan Senegal.
Sumber: Viva

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel